Sabtu, 16 Januari 2016

QUADRATURE AMPLITUDE MODULATION ( Q A M )

QUADRATURE AMPLITUDE MODULATION ( Q A M )  
  • Quadrature Amplitude Modulation atau QAM adalah bentuk modulasi yang banyak digunakan untuk modulasi Data sinyal ke pembawa digunakan untuk komunikasi radio. banyak digunakan karena menawarkan keunggulan dibandingkan bentuk-bentuk lain modulasi data seperti PSK, meskipun banyak bentuk modulasi Data beroperasi di sepanjang sisi satu sama lain. 
  • Quadrature Amplitude Modulation, QAM merupakan sinyal  dua operator yang bergeser di fase 90 derajat, termodulasi dan output yang dihasilkan terdiri dari kedua amplitudo dan fase bervariasi. Mengingat fakta bahwa kedua variasi amplitudo dan fase yang hadir itu mungkin juga dianggap sebagai campuran amplitudo dan fase modulasi.
4 QAM ( 1 Amplitude, 4 Phase )  
 

4 QAM = 2 bit (4 kondisi terdiri dari 1 amplitudo  * 4 sudut fase).
Mari kita lihat pada waktu-domain representasi dari sinyal QAM. 4-QAM sebagai contoh.
misalkan kita ingin mengirimkan bitstream 100111. Kami petakan ini untuk 4
Simbol QAM mewakili 10, 01, 11. dihasilkan waktu-domain gelombang untuk bitstream ini ditunjukkan pada Gambar diatas. Setiap simbol diwakili oleh National Instruments
RF.
Data masukan pada QAM 4 keadaan di bagi menjadi 2 kanal. Dengan QAM 4 keadaan keluaran yang mungkin untuk satu frekuensi pembawa. Untuk memperoleh 4 kondisi masukan yang berbeda maka data masukan biner digabung menjadi dua kelompok bit yang disebut DIBIT (2^2 = 4).


8 QAM ( 2 Amplitude, 4 Phase ) 

8QAM = 3 bit (8 kondisi terdiri dari 2 amplitudo yang berbeda * 4 sudut fase) 
Dua diagram lingkaran QAM konstelasi ditampilkan, Melingkar 8-QAM konstelasi dikenal optimal 8-QAM konstelasi dalam arti yang membutuhkan setidaknya berarti daya untuk jarak Euclidean minimum yang diberikan. QAM 8 keadaan adalah teknik encoding M-er dengan M=8. Dengan QAM 8 keadaan keluaran yang mungkin untuk satu frekuensi pembawa. Untuk memperoleh 8 kondisi masukan yang berbeda maka data masukan biner digabung menjadi tiga kelompok bit yang disebut dengan TRIBIT (2^3 = 8). konstelasi melingkar menyoroti hubungan antara QAM dan PSK. Perintah lain dari konstelasi dapat dibangun bersama sama (atau sangat berbeda). Hal ini akibatnya sulit untuk membangun ekspresi untuk tingkat kesalahan dari QAM non-persegi panjang karena selalu tergantung pada konstelasi.  


Daftar Pustaka :
  1. https://en.wikipedia.org/wiki/Quadrature_amplitude_modulation
  2. http://www.ni.com/white-paper/3896/en/
  3. http://sigitkus.lecture.ub.ac.id/?p=1805
  4. Quadrature amplitude modulation_Deepa.T, Asst.Prof. /TCE.ppt
  5. EIE325: Telecommunication Technologies Maciej Ogorzalek, PolyU EIE.pdf

0 komentar:

Posting Komentar