Rabu, 30 April 2014

RANGKUMAN ILMU BUDAYA DASAR

1. RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Ruang Lingkup adalah luasnya subjek yang tercakup. dua masalah pokok bisa dipakai sebagi bahan pertimbangan untuk menentukan niang lingkup kajian mata kuliah Ihnu Budaya Dasar. Kedua masalah pokok itu ialah : 1.Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya. 2. Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
 
2. ilmu sosial dasar dapat dibedakan atas 3 golongan yaitu :
  • Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat.
  • Konsep-konsep sosial.
  • Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.. • Masalah individu, keluarga dan masyarakat. Masalah pemuda dan sosialisasi. • Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat • Masalah hubungan antara warga negara dan negara • Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan. • Masalah pertentangan-pertentangan sosial.

3. BAB II MANUSIA & KEBUDAYAAN Unsur manusia : ü Jasad : badan kasar manusia yang nampak pada luarnya, ü Hayat : mengandung unsur hidup yang ditandai dengan gerak ü Ruh : bimbingan dan pimpinan Tuhan. ü Nafs : kesadaran tentang diri sendiri.

4. - Menurut E.B. Taylor (1871), Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, - Menurut Selo Sumarjan dan Soelaeman Soemardi merumuskan kebudayaan sebagai semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat - Menurut Sutan Takdir Alisyahbana, Kebudayaan adalah manifestasi dari cara berpikir. - Menurut Koentjaraningrat, Kebudayaan adalah keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakannya dengan belajar beserta keseluruhan dari hasil budi pekertinya, - Menurut A.L. Krober dan C. Kluckhon, bahwa kebudayaan adalah manifestasi atau penjelmaan kerja jiwa manusia dalam arti seluas- luasnya. - Menurut C.A. Van Peursen mengatakan bahwa kebudayaan sebagai manifestasi kehidupan setiap orang, dan kehidupan setiap kelompok orang-orang berlainan dengan hewan-hewan, maka manusia tidak hidup begitu saja ditengah alam, melainkan selalu mengubah alam.

5. - Obyektivasi, proses dimana masyarakat menjadi realitas obyektif, yaitu suatu kenyataan yang terpisah dari manusia dan berhadapan dengan manusia, - Internalisasi, proses dimana masyarakat disergap kembali oleh manusia. perjuangan adalah kerja keras yang dilandasi keyakinan. Keyakinan atau kepercayaan, merupakan hal terpenting dalam hidup manusia.
 
6. – Kondisi yang dihadapi selama mencapai apa yang dicita-citakan – Seberapa tinggi cita-cita yang hendak dicapai Faktor manusia yang ingin mencapai cita-citanya ditentukan oleh kualitas manusianya. Cara keras dalam mencapai cita-cita merupakan suatu perjuangan hidup yang apabila berhasil akan menimbulkan kepuasan.

7. Kebajikan adalah perbuatan yang selaras dengan suara hati kita, suara hati masyarakat dan Tuhan. Kebajikan berarti: berkata sopan, santun, berbahasa baik, bertingkah laku baik, ramah tamah terhadap siapapun, berpakaian sopan agar tidak meransang bagi yang melihatnya .

8. Timbul 2 kemungkinan pandangan hidup yaitu : pandangan hidup sosialisme dan sosialisme religius. Pandangan hidup sosialisme mengutamakan logika berfikir dari hati nurani, sedangkan sosialisme religius mengutamakan kedua-duanya.

9. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh negara. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri.Bila perbuatan manusia itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada negara. • TanggungJawab Terhadap Tuhan Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggungjawab, melainkan untuk mengisi kehidupannya manusia mempunyai tanggungjawab langsung terhadap Tuhan.

10. Kegelisahan berasal dari kata gelisah, yang berarti tidak tentram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa khawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan. Menurut Sigmund Freud (ahli psikoanalisa), kecemasan ada 3 macam : • Kecemasan obyekif Kecemasan tentang kenyataan adalah suatu pengalaman perasaan sebagai akibat pengamatan atau suatu bahaya dalam dunia luar.

11. Kesepian Kesepian berasal dari kata sepi yang berarti sunyi atau lengang, sehingga kata kesepian berarti merasa sunyi atau lengang, tidak berteman.

12. Untuk dapat menyembuhkan keadaan ini tergantung kepada mental Si Penderita. Andaikata penyebabnya sudah diketahui, kemungkinan juga tidak dapat sembuh. Bila hal itu terjadi, maka jalan yang paling baik penderita ialah diajak atau pergi sendiri ke psikolog. .

13. Kebutuhan manusia terdiri dari : • Kebutuhan jasmani. • Kebutuhan Rohani: Menurut Abraham Maslow sesuai dengan kodratnya harapan manusia itu adalah: • Kelangsungan hidup Keamanan HAK • Diakui lingkungan • Perwujudan cita-cita Kelangsungan Hidup Manusia memiliki tiga kebutuhan pokok yaitu: 1. Sandang. 2. Pangan.. 3. Papan(rumah).

14. Kepercayaan Kepercayaan berasal dari kata percaya, yang artinya mengakui atau meyakini akan kebenaran.Kebenaran yang dapat diwahyukan artinya diberitahukan oleh Tuhan langsung ataupun tak langsung kepada manusia.

15. Manusia dan kebudayaan sangat erat terkait satu sama lain. Manusia dan kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan ini. Manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun menurun.

16. Bahasa merupakan salah satu bentuk kebudayaan yang dapat kita rasakan. Karena bahasa lah yang dapat menyatukan perasaan-perasaan antar manusia walaupun beda kepercayaan..

0 komentar:

Posting Komentar