Senin, 10 Oktober 2016

Organisasi Komp. Dasar

Memahami Organisasi Komputer
Definisi atau pengertian organisasi komputer adalah seperangkat komponen-komponen computer yang saling bekerja satu sama lain untuk menjalankan fungsi computer secara keseluruhan. Seperti organisasi lainnya organisasi computer memiliki struktur tertentu yang memiliki tugas dan wewenang tersendiri dalam rangka untuk menjalankan fungsi computer. Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer, seperti teknologi hardware, sinyal kontrol, interface, teknologi memori.
Organisasi dasar dari sebuah komputer dapat ditunjukkan pada blok diagram di bawah ini :


Keterangan :

CPU mengendalikan urutan dari semua pertukaran informasi dalam komputer dan dengan dunia luar melalui unit I/O. Sedangkan unit memori terdiri dari sejumlah besar lokasi yang menyimpan program dan data yang sedang aktif digunakan CPU. Ketiga unit tersebut dihubungkan dengan berbagai macam bus.
Bus adalah sekelompok kawat atau sebuah jalur fisik yang berfungsi menghubungkan register-register dengan unit-unit fungsional yang berhubungan dengan tiap-tiap modul. Informasi saling dipertukarkan di antara modul dengan melalui bus.
Komputer sendiri  merupakan sebuah perangkat elektronik dengan komponen-komponennya yang membantu manusia dalam mempermudah pekerjaan. Secara umum, organisasi computer bekerja untuk mengolah masukan berupa data-data. Setelah itu, masukan berupa data tersebut akan diproses menjadi sebuah dile-file data, kemudian akan disimpan menjadi sebuah database besar. Untuk melakukan hal tersebut, computer memiliki komponen-komponen yang bekerja dan saling mentransfer hasil pekerjaan dari satu komponen ke komponen lain sesuai giliran. Berikut ini adalah komponen-komponen utama dalam perangkat computer yang berinteraksi satu sama lain untuk menjalankan computer.

  • Keyboard

Keyboard merupakan komponen pertama yang tugasnya adalah untuk memasukkan data.

  • Perangkat Lunak

Perangkat lunak jenisnya sangat bermacam-macam. Perangkat lunak ini merupakan data-data tertentu yang di simpan di dalam computer. Perangkat lunak memiliki fungsi yang berbeda-beda karena memang diciptakan untuk kebutuhan data-data yang berbeda-beda. Secara umum fungsi utamanya, yaitu untuk melakukan tugas-tugas tertentu yang lebih spesifik sesuai dengan yang diinginkan manusia.

  • Central Processing Unit (CPU)

CPU sering disebut dengan otak dari sebuah computer. Setelah data dimasukkan data akan diproses dalam CPU ini. Pemrosesan ini dilakukan dengan sangat cepat sesuai dengan tingkat spesifikasi CPU. CPU juga menentukan seberapa multfungsinya computer bekerja.

  • Monitor

Monitor merupakan computer yang bertugas sebagai pemroses visualisasi dari data yang diolah oleh CPU. Monitor juga berfungsi menampilkan aplikasi-aplikasi perangkat lunak untuk memudahkan manusia dalam menginstruksikan perintahnya pada perangkat lunak.

  • Memory

Selanjutnya data yang telah diproses di CPU akan melewati proses penyimpanan dalam database computer. Memory bertugas sebagai tempat untuk menyimpan file-file database tersebut sesuai dengan kapasitasnya.

  • Sistem operasi

Sistem operasi dapat dikatakan merupakan sebuah nyawa dari computer. Dengan nyawa ini, komponen-komponen lain dalam computer dapat menjalankan tugasnya.


Perbedaaan Utama Organisasi Komputer:

  • Bagian yang terkait dengan erat dengan unit – unit operasional

Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal kontrol.

Arsitektur Komputer

  • Atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer

Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O

daftar pustaka :
http://www.lihatdisini.com/definisi-dan-pengertian/definisi-atau-pengertian-organisasi-komputer-adalah
http://fexel.blogspot.co.id/2015/01/struktur-dasar-dan-organisasi-komputer.html
http://www.academia.edu/6818662/ORGANISASI_and_ARSITEKTUR_KOMPUTER

0 komentar:

Posting Komentar