Minggu, 14 Desember 2014

Menyusun Skripsi Susah? Ah Gak Juga Sih Asal Tahu Triknya



Semua yang telah melewati masa-masa akhir perkuliahan sarjana (strata 1) rasanya sangat jarang yang melalui prasyarat terakhir agar diakui kesarjanaannya dengan begitu mulus, kecuali yang nekad menjiplak karya orang lain dan kebetulan lolos dari kontrol dosen pembimbing. Saya pun merasakan hal yang sama ketika melalui masa itu. Seandainya saat itu saya paham menyusun skripsi yang mudah maka tentu saya akan lulus tepat waktu, tidak mulur satu semester hanya karena ketidakmengertian saja.

Dua puluh tahun kemudian setelah lulus agak terseok saat menyusun skripsi, kebetulan saya berkesempatan memberikan sedikit bantuan kepada salah satu ponakan yang juga tengah kebingungan menyelesaikan tugas akhir ini. Menyusun skripsi adalah salah satu kegiatan menuangkan ide yang ingin diketahui melalui sebuah penelitian yang bersifat eksperimental dan atau penelusuran kepustakaan (terkait dengan gagasan yang ingin diketahui itu) dalam sebuah rangkaian tulisan yang dibatasi syarat – syarat metodologi tertentu, sistimatis dan dapat diterima akal sehat .

Jadi sesungguhnya menyusun skripsi itu sebuah rangkaian kegiatan menulis dan membaca. Maka trik pertama yang memudahkan tentu adalah RAJIN MEMBACA. Bagaimana kalau anda mengatakan “ah saya paling malas membaca? Kalau ini pertanyaannya maka anda harus instrospeksi diri lebih mendalam “mengapa dulu ingin kuliah dan ingin jadi sarjana?” Kalau anda malas membaca harusnya tidak usah kuliah, langsung saja jadi praktisi dan bekerja setelah lulus sekolah menengah. Hal yang membedakan sarjana dan bukan sarjana adalah kegiatan baca-tulis ini. Seorang sarjana diharapkan akan menularkan ilmunya kepada orang lain melalui (salah satunya) kegiatan baca-tulis ini.

Menyusun skripsi itu itu adalah kegiatan menguraikan ide kita dalam bentuk tulisan yang harus memenuhi kaedah ilmiah, maka trik yang kedua adalah MEMPELAJARI TATA BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR dengan sungguh-sungguh. Bila kita tidak mengerti kaedah tata bahasa Indonesia yang baik dan benar bagaimana kita akan menuliskan gagasan kita secara ilmiah, sistimatis dan logis. Tulisan yang tidak sistimatis akan membuat pembaca bingung menemukan pokok pikiran anda. Menemukan pokok pikiran dalam tulisan yang tidak sistimatis bagaikan mencari sehelai baju di lemari yang penuh sesak dan acak-acakan, bikin pusing dan memakan waktu lama. Cari lagi buku-buku bahasa Indonesia di bangku SMP dan SMA dan bacalah secara seksama yang dijelaskan dalam buku tersebut. Sekarangpun untuk mencari istilah yang sesuai kaedah bahasa juga tidak susah hanya tinggal googling situs http://kamusbahasaindonesia.org , istilah yang kita tulis akan langsung diketahui maknanya apakah sesuai dengan yang kita maksud.

Kemudian barulah kita MENGAMATI DAN MEMIKIRKAN MASALAH YANG AKAN DITELITI. Banyak sekali masalah menarik di sekeliling kita yang sesuai bidang ilmu yang kita tekuni, tidak usah berpikir terlalu ideal cukup amati masalah seputar kita saja agar nanti lebih mudah diteliti. Jangan lupa MENCATAT DALAM NOTES KECIL SETIAP GAGASAN YANG TERLINTAS DALAM PIKIRAN.

Setelah menemukan gagasan PILIH DUA ATAU TIGA GAGASAN PALING MENARIK dan bicarakan dengan dosen pembimbing. Setelah mendapatkan yang paling sesuai MULAILAH BERBURU BUKU-BUKU.
CATAT SETIAP ISTILAH DAN KETERANGAN YANG TERKAIT DENGAN GAGASAN PENELITIAN LENGKAP DENGAN SUMBER BACAAN DALAM NOTES KECIL.

Selain kepustakaan yang terkait dengan landasan teori JANGAN LUPA PULA MEMBACA DAN MEMPELAJARI LAGI METODOLOGI PENELITIAN DAN CATAT METODE YANG AKAN ANDA PILIH agar tidak bolak-balik mengulang-ulang membaca hal yang sama karena faktor lupa.
Setelah selesai mendapatkan landasan teori maka TULISLAH KERANGKA SKRIPSI dalam notes anda, mulailah menuliskannya dan mendiskusikan bab-bab penelitian dengan dosen pembimbing. Anda harus yakin dengan gagasan anda sendiri sehingga pembimbing pun akan tertarik dengan ide anda itu. Kalau mereka tertarik yakinlah pembimbing pasti akan memberikan bimbingan lebih serius kepada anda.

Setelah pembimbing setuju tulislah skripsi anda dengan sungguh-sungguh dan BULATKAN TEKAD BAHWA KARYA ILMIAH ANDA AKAN MENJADI TONGGAK SEJARAH DALAM HIDUP ANDA DAN MEMBERI MAMFAAT PADA ORANG BANYAK.

Setelah semua landasan teori dituliskan lanjutkan MENULISKAN TEKNIK DAN METODE PENELITIAN, SUSUN ALAT dan meminta kembali persetujuan dosen sambil MENYUSUN JADWAL TURUN KE LAPANGAN dan MEMASTIKAN SAMPEL YANG AKAN DITELITI.

Langkah selanjutnya tentu MELAKSANAKAN PENELITIAN di lapangan. Kemudian MENGHITUNG HASIL sesuai metode yang telah ditentukan sebelumnya. Setelah hasil dihitung TULISLAH HASIL PENELITIAN PADA BAB TERAKHIR, minta persetujuan pembimbing dan persiapkan diri untuk menghadapi sidang ujian akhir.

0 komentar:

Posting Komentar