Minggu, 14 Desember 2014

STRESS KARENA TUGAS KULIAH? BUTUH SOLUSI !




Siapa sih yang gak pernah mengalami stress?, pasti semua pernah merasakan, entah karena tugas kuliah, sekolah, kantor maupun menyangkut urusan rumah tangga. Penyebab stress sendiri karena seseorang yang memiliki beban, tuntutan tugas, masalah atau sebuah keinginan yang tidak tercapai yang dapat menyebabkan stress. Nah, disini akan ada solusi untuk mengatasi stress, terutama pada kalangan mahasiswa yang sering mengalami tugas dealine dari kampus.

Sumber Stres

Tak jarang para deadliners juga begadang dengan ditemani kopi supaya mereka tidak mengantuk dan dapat terus menyelesaikan tugasnya sampai tengah malam atau pagi. Sebenarnya, begadang dapat menimbulkan stres karena ritme waktu tubuh berubah sehingga menyebabkan ketidakseimbangan pada sistem di dalam tubuh. Seharusnya tubuh sudah beristirahat pada jam tertentu di waktu malam namun karena begadang, tubuh dipacu untuk terus ‘bangun’ dan menyelesaikan tugas kuliah. Jika stres ini terus berlanjut, maka sistem kekebalan tubuh para deadliners menurun dan mereka akan menjadi sakit (Wortman, et al, 2009).

Berdasarkan hasil penelitian dari para ahli di University of Chicago (http://www.litbang.depkes.go.id/aktual/kliping/diabetes311207.htm), tidur tidak nyenyak selama tiga hari berturut-turut juga akan menurunkan toleransi tubuh terhadap glukosa, khususnya pada orang muda dan dewasa. Lebih lanjut dikatakan juga bahwa hal ini dapat meningkatkan risiko seseorang mengidap diabetes.

Pola hidup begadang ini juga terkait dengan perubahan pola makan para deadliners. Ketika para deadliners begadang dan sibuk menyelesaikan tugas kuliah, secara tidak langsung makanan yang dikonsumsi tidak teratur jadwalnya. Para deadliners, misalnya, bisa makan lebih atau bahkan kurang dari 3 kali sehari atau ngemil di malam hari saat mengerjakan tugas. Jika seseorang makan tidak teratur maka akan mengganggu waktu proses metabolismee tubuh dalam mengolah, menyerap dan membuang zat sisa makanan.

Konsumsi kafein berlebihan, terutama pada kopi, juga dapat menjadi sumber stres. Seseorang yang mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak (lebih dari 250 mg kafein per hari / setara dengan 3 cangkir kopi) akan mengalami kecemasan, diare, lekas marah, denyut jantung yang tidak beraturan dan kesulitan untuk berkonsentrasi. Hal ini disebabkan karena kafein merupakan zat perangsang dan dapat meningkatkan pengeluaran asam lambung dan hormon tiroid yang dapat menimbulkan kegelisahan dan dapat menyebabkan ginjal bekerja lebih keras karena bertindak sebagai diuretik (menyebabkan sering buang air kecil). Kafein menghalangi penyerapan zat besi jika dikonsumsi dengan makanan atau dalam satu jam setelah makan (http://www.familys-doctor.com/mainisuee).

Cara Mengatasi Stress

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghadapi deadline tugas kuliah. Salah satunya adalah mengatur waktu dengan baik (time management). Aturlah prioritas dan jadwal sehari-hari dengan baik. Dengan menentukan prioritas maka para deadliners memahami hal-hal penting apa saja yang akan dilakukan terlebih dahulu. Dengan mengatur jadwal, maka para deadliners dapat menyusun rencana dari jauh hari sebelum deadline pengumpulan tugas mengenai apa-apa saja yang harus dikerjakan sehingga tugas tidak dibiarkan menumpuk. Selain itu, dengan jadwal yang tersusun rapi maka para deadliners bisa mengatur waktu kapan mereka mengerjakan tugas dan kapan bersantai melakukan aktivitas lainnya. Cara lainnya yaitu berusaha untuk menjalani hidup dengan lebih rileks dan bahagia. Jika kita merasa rileks maka saraf-saraf tubuh kita akan ikut rileks dan santai.

Ada cara lain untuk merefreshing otak lho, dari tugas kuliah. ini dia :

1. Baca Twitter
    Biasanya kalau udah baca twitter bisa melupakan sedikit pikiran tentang tugas kuliah. Cari aja sesuatu        tweets yang keren-keren pasti lama-lama kelamaan keasyikan, atau cari tweets-tweets yang bisa bikin motivasi kita. Dijamin bisa sedikit ngerefresh otak.

2. Tidur
     Jangan di paksaain kalo udah gak bisa di lanjutin buat mikir, mending istirahat dulu. kalo dipaksain yang ada pasti kita malah tambah stress. Tidur lah untuk melupakan sejenak semua tugas yang udah bikin kita stress. pasti bangun-bangun lebih seger pikiran kita.

3. Hang Out
    Ini salah satu pilihan paling asyik, dimana kita bisa cari udara segar sekalian cuci mata. gak fokus sama tugas terus, bete juga kan. Nongkrong sama temen-temen, cocok banget seperti ngbrol, curhat, nonton film yang lagi hits di bioskop, main game bareng, atau sekedar jalan-jalan aja, sapa tau jadi shooping juga.


4. Meditasi
    Meditasi sangat bagus tidak hanya untuk menghilangkan stres, tetapi juga untuk relaksasi otot. Penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah, nah cocok lah buat menahan amarah, Belajar untuk sabar ketika kita mengahadapi masalah tugas

5. Makan
    Kebanyakan berfikir membuat otak kita bekerja lebih ekstra dan tenaga pun terkuras. Biasanya kalau sudah kelamaan ngerjain tugas bisa bikin lupa makan. Alhasil  lemes, ngantuk, gak kuat mikir lagi. Ternyata makan bisa mengembalikan semangat kita lagi, karena tubuh kita sudah terisi tenaga, dan pastinya gak bikin kita ngantuk deh.

6. Mendengarkan Musik
    Cari tahu apa jenis musik mana yang bisa membantu anda mengerjakan tugas dan kemudian membuat koleksi musik anda bertamba, selain itu solusi nya membantu anda menjadi lebih rileks dan merasa lebih baik. Tidak merasa tertekan juga.

7. Berteriak
    Bertujuan melepaskan semua segala sesuatu masalah yang telah membebani kita. Dengan cara berteriak sekencang-kencang nya bisa meringankan beban pikiran kita, sehingga pikiran pun lebih enak dalam mengerjakan tugas. Serasa beban di pikiran sedikit terkurangi. 

Demikian solusi atau cara mengatasi stress karena tugas kuliah, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Sebenarnya stress tersebut tidak akan bertambah bila kita terus berfikiran positif, jangan lupa terus ber doa untuk mengiringi semua langkah kita, dalam setiap kegiatan yang kita lakukan. Terimakasih  J
  

0 komentar:

Posting Komentar